loader image

Asal-usul Kancing Beserta Jenis-Jenisnya yang Wajib Banget Kamu Ketahui!

“Satu.. Dua… Tiga… Empat… Berarti D!”

Macroscopers siapa nih yang pas sekolah kalau udah lupa rumus akhirnya milih jawabannya pakai jurus kancing? Eh, tapi tahu nggak sih kalau kancing itu adalah salah satu elemen penting dalam pakaian. Kira-kira siapa ya penemu kancing yang amat berjasa karena kita jadi bisa mengenakan pakaian dengan aman dan nyaman hingga sekarang? Lalu apakah kamu sudah tahu kalau jenis kancing sendiri ada banyak? Yuk simak terus artikel kami satu ini mengenai serba-serbi kancing!

Berawal dari Titah Sang Raja

Pemakaian kancing ternyata merupakan inisiasi dari Raja Frederick Agung yang memimpin kerajaan Prusia di Jerman pada sekitar abad ke-18. Raja Frederick Agung sangat disiplin terhadap kebersihan dan kerapihan tidak hanya bagi dirinya sendiri tetapi juga terhadap para prajuritnya. Pada suatu ketika, sang raja merasa terusik karena pakaian seragam prajuritnya yang terlihat kotor terutama di bagian lengan. Ternyata hal ini diakibatkan kebiasaan menyeka keringat di wajah menggunakan tangan yang membuat keringat tersebut ikut membasahi dan mengotori lengan baju mereka.

Raja pun akhirnya memerintahkan untuk setiap prajuritnya agar memasang kancing pada ujung lengan pakaian seragam mereka. Namun, karena keterbatasan di zaman tersebut kancing yang dipakai masih menggunakan bahan dari kulit kerang maupun serpihan kaca sehingga banyak meninggalkan luka lecet bagi para prajurit. Akhirnya seiring perubahan zaman bahan dari kancing tersebut diganti agar pemakainya lebih nyaman dan lebih banyak jenis kancing pun dibuat sesuai dengan peruntukannya masing-masing.

Kancing Lubang hingga Kancing Cina

Jenis kancing yang digunakan pada pakaian di masa kini sangat beragam selain disesuaikan dengan peruntukannya juga dengan mode pakaian yang dibuat. Berikut adalah di antaranya:

Kancing lubang atau flat button atau kancing bermata ini dapat kita beri gelar kancing sejuta umat karena kancing semacam ini banyak kita temukan di pakaian yang kita kenakan sehari-hari mulai dari seragam sekolah, kemeja, celana, hingga jaket. Kancing ini dinamakan kancing lubang tentu saja karena memiliki lubang yang kadang berjumlah dua atau empat. Lubang tersebut berfungsi sebagai jalur dari benang jahit agar kancing dapat terpasang dengan baik. Bentuk kancing ini sendiri beragam dan bahan pembuatnya dapat berasal dari plastik, kayu, dan sebagainya.

Kancing ini juga biasa disebut kancing tekan atau snap button. Disebut demikian karena kancing ini memiliki satu bagian cembung dan bagian lainnya yang cekung sehingga cara mengaitkannya adalah dengan menekan kedua kancing tersebut hingga bagian cembungnya masuk ke bagian yang cekung tersebut.

Nama lainnya adalah shank button. Kancing ini tidak memiliki lubang untuk jalur benang di bagian permukaannya seperti pada kancing lubang. Lubang pada kancing ini justru terletak pada kakinya dan bagian permukaannya terdapat motif tertentu yang menjadikan kancing tersebut tampak lebih cantik dan feminin. Oleh karena itu, kancing ini paling banyak ditemukan di pakaian-pakaian wanita.

Kancing satu ini sebetulnya merupakan bagian dari jenis kancing berkaki. Perbedaannya terletak pada adanya kain yang membungkus atau melapisi kancing. Biasanya kain yang membungkus kancing ini adalah kain yang sama dengan kain yang digunakan untuk pakaian sehingga antara pakaian dan kancingnya dapat senada.

Kancing ini juga merupakan bagian dari jenis kancing berkaki yang perbedaannya terletak pada lubang pengait kancing. Biasanya lubang pengait kancing berbentuk sayatan horizontal maupun vertikal, namun lubang untuk jenis kancing ini dibuat lipatan kain dari pakaian tersebut yang dibentuk seperti tali kecil.

Macroscopers, familiar dengan tali kur? Kancing yang satu ini dibuat dari tali kur begitu pula untuk lubang kancingnya. Kancing ini biasanya dipasangkan pada pakaian-pakaian tradisional Cina juga pada kebaya.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Memilih Kancing yang Tepat Untuk Pakaian

Namanya juga kancing, fungsi utamanya pastilah untuk mengancingkan pakaian kita agar dapat menutup tubuh dengan baik. Setelah membaca penjelasan di atas, kamu jadi makin tahu nih sekalipun kancing di seluruh dunia ini sama tapi jenisnya bisa macam-macam. Hal ini dapat pula disesuaikan dengan mode pakaian yang nantinya akan dibuat.

Macroscopers yang mau bikin kebaya bisa request ke desainer masing-masing untuk memakai jenis kancing cina, kancing sengkelit, atau kancing bungkus agar terkesan lebih feminin. Sedangkan untuk pakaian formal seperti kemeja/hem untuk kuliah atau ngantor kamu bisa pilih jenis kancing lubang atau si kancing sejuta umat yang simpel. Tapi, kalau kamu mau “add a little bit of spice” supaya kemeja kamu lebih nyentrik, kamu bisa request untuk pakai jenis kancing lain.

Kemudahan memilih jenis kancing “suka-suka” ini bisa kamu dapatkan di Leapitup. Leapitup akan mewujudkan berbagai kebutuhan fashion kamu yang anti mainstream tapi dengan harga yang kost-able. Jenis pakaian apa aja mulai dari kemeja biasa sampai pdh bisa kamu pesan juga di Leapitup. Setelah memilih model pakaian, langsung deh pilih jenis dan warna kancing yang kamu mau. Sat set banget kan? Ditambah nggak perlu khawatir soal kualitas, dari kain sampai ke kancing-kancingnya bukan yang kaleng-kaleng!

Yuk segera wujudkan pakaian impianmu bersama Leapitup sekarang juga!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart
Search
×