Syarat dan Ketentuan Pelayanan

Syarat dan Ketentuan Pelayanan dari PT Macroscope Berdikari Nusantara (Macroscope Group)

Perubahan Terakhir : 22 Desember 2024

Kami memohon untuk Macroscopers agar membacanya secara saksama dari awal hingga akhir sebelum melanjutkan pembayaran.

Informasi Umum

  1. PT Macroscope Berdikari Nusantara (Macroscope Group) merupakan usaha yang bergerak di bidang fesyen apparel yang berbasis di Kota Malang dan bertindak sebagai induk dari para subbrand-nya seperti Goodsigma Sportwear, Macroscope, dan Leapitup.
  2. Produk serta layanan Macroscope Group dapat diakses dan dipesan melalui laman resmi, Kanal Halo Macroscope WhatsApp, Instagram, serta lokapasar daring seperti PadiUMKM, Tokopedia, dan lain-lain.
  3. Syarat dan ketentuan ini mengikat dan berkekuatan hukum pada setiap kanal pelayanan Macroscope Group selama masih beroperasional dan aktif menerima pesanan dari pelanggan.
  4. Hari kerja dari Macroscope Group adalah sebagai berikut :
    1. Untuk operasional produksi, mulai dari hari Senin s.d. Jum’at pukul 09.00 – 17.00 WIB dan Sabtu pukul 09.00 – 13.00 WIB ; 
    2. Untuk operasional layanan pelanggan atau customer service, mulai dari hari Senin s.d. Sabtu pukul 09.00 – 19.30 WIB. Apabila pelanggan melakukan kontak di luar waktu tersebut, maka akan terjadi slow respons dari tim customer service kami. 
  5. Seluruh produk Macroscope Group memiliki hak cipta.
  6. Untuk layanan konveksi, seluruh hak cipta adalah milik pelanggan. Kami melepaskan diri dari pertanggungjawaban secara hukum apabila ternyata terjadi permasalahan hak cipta dari desain/gambar yang dikirimkan oleh pelanggan kepada kami. 
  7. Macroscope Group berhak melakukan perubahan pada syarat dan ketentuan pelayanan, begitu pula dengan isi, informasi, harga produk dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Pemesanan

  1. Pemesanan di Macroscope Group dapat dilakukan secara daring maupun luring.
  2. Minimum pemesanan konveksi mengikuti jenis pakaian yang hendak dibuat. Dapat diperiksa di halaman produk masing-masing.
  3. Pemesanan dapat dilakukan sesuai dengan jam operasional yang berlaku pada poin nomor lima bagian INFORMASI UMUM. 
  4. Untuk pemesanan produk ready stock Macroscope, cut off time pemesanan produk setiap hari adalah pukul 13.00 WIB. Segala pesanan yang masuk diatas cut off time yang telah ditentukan, maka akan dilakukan proses pengiriman keesokan harinya. 
  5. Macroscope Group berhak menolak pemesanan pelayanan konveksi apabila produk terindikasi plagiarisme, minuman keras, prostitusi, serta jenis kriminalitas lainnya. 
  6. Jika hendak memesan pelayanan konveksi dengan desain NFT, mohon menunjukkan bukti kepemilikan NFT tersebut. Jika pemesan gagal menunjukkan bukti kepemilikan tersebut, maka mohon maaf kami akan menolak pemesanannya.
  7. Pelanggan wajib mengisi formulir pemesanan layanan konveksi yang telah disediakan dengan sebaik-baiknya. Apabila tidak mengisinya atau terdapat kesalahan maupun kekurangan data, maka pihak Macroscope Group tidak bertanggung jawab terhadap proses produksi.
  8. Pelanggan wajib melakukan konfirmasi work order/order sheet yang telah dikirimkan oleh pihak Macroscope Group pasca pembayaran uang muka sebelum produksi massal dimulai. Apabila pelanggan tidak melakukan respon konfirmasi hingga 2×24 jam, maka kami menganggap pelanggan telah menyetujuinya. Pihak Macroscope Group tidak bertanggung jawab atas kesalahan produksi yang terjadi jika pelanggan tidak melakukan konfirmasi tersebut. 

Pembayaran

  1. Macroscope Group menerima pembayaran melalui Transfer Bank, QRIS, Virtual Account Bank, Kartu Debit, Kartu Kredit, Minimarket, Paylater, dan Dompet Elektronik dengan bantuan payment gateway.
  2. Untuk pembayaran dengan QRIS, maksimal nilai transaksi adalah Rp200.000. Jika melebihi, silakan gunakan metode pembayaran lainnya
  3. Macroscope Group tidak lagi menerima sistem pembayaran Cash on Delivery atau COD sejak 1 Januari 2025.
  4. Pelanggan diharapkan untuk tidak melakukan transaksi diluar tautan payment gateway yang telah pihak Macroscope berikan.
  5. Untuk pemesanan produk Macroscope, batas waktu pembayaran menyesuaikan dengan time limit pada popup pembayaran.
  6. Untuk layanan konveksi, batas waktu pembayaran adalah 2×24 jam pasca pesanan dikonfirmasi. Apabila hingga batas waktu yang telah ditentukan pelanggan masih belum terkonfirmasi melakukan pembayaran, maka pemesanan dibatalkan. 
  7. Untuk pemesanan layanan konveksi, pelanggan wajib melakukan pembayaran uang muka minimal 60% dari total tagihan pada invoice. 
  8. Macroscope Group berhak untuk tidak memproses pemesanan anda apabila belum menyelesaikan syarat pembayaran.
  9. Macroscope Group tidak bertanggung jawab atas kesalahan yang dibuat pelanggan sendiri dalam proses transaksi seperti salah nomor rekening, salah nominal, dan hal-hal serupa. 
  10. Hingga saat ini, Macroscope Group adalah perusahaan Non-PKP (pengusaha kena pajak) sehingga tidak dapat mengakomodasi permintaan pembuatan faktur pajak. 
  11. Macroscope Group tidak menerima permintaan kuitansi kosong. 
  12. Dokumen transaksi Macroscope Group yang sah adalah dokumen yang memiliki stempel resmi Macroscope, berkop, dan berbentuk digital. Kami sudah tidak melayani dokumen transaksi berbentuk fisik. 
  13. Apabila dokumen transaksi bernilai sama dengan atau lebih dari Rp10.000.000 (sepuluh juta Rupiah), maka wajib dibubuhkan meterai sebanyak 1 keping dan biaya meterai dibebankan kepada Macroscope Group. 

Pelayanan Konveksi

  1. Macroscope Group menerima jasa desain dengan syarat produk tersebut wajib diproduksi di Macroscope Group dan bukan produk sablon satuan. (Maksimal 2x revisi).
  2. Pelanggan wajib melakukan pembayaran uang muka terlebih dahulu apabila ingin menggunakan jasa desain dari Macroscope Group. Pihak Macroscope Group berhak menolak jika pelanggan tidak melakukan pembayaran uang muka. 
  3. Perhitungan waktu produksi dimulai ketika pelanggan sudah memenuhi kewajibannya dan menyetujui work order/order sheet.
  4. Macroscope Group melakukan quality control tiga tahap untuk memastikan kualitas barang yang diterima pelanggan adalah yang sesuai dengan yang dipesan dan tercantum dalam formulir pemesanan. 
  5. Estimasi waktu produksi adalah 14-45 hari kerja. Estimasi dapat berubah sesuai dengan jumlah pesanan atau persetujuan kedua belah pihak yang akan terus dikomunikasikan oleh pihak Macroscope Group.
  6. Apabila dalam masa produksi pelanggan tiba-tiba memberi deadline yang lebih cepat dari yang diisi di formulir/kesepakatan awal, maka bila terjadi keterlambatan, maka pelanggan tidak berhak mendapatkan kompensasi apapun.
  7. Apabila dalam masa produksi pelanggan membatalkan pesanan secara sepihak dengan alasan apapun, maka pelanggan tidak berhak menerima pengembalian uang muka dan wajib menyetorkan 100% dari sisa tagihan yang ada.
  8. Jika pelanggan tidak memenuhi kewajiban yang diterapkan pada poin nomor 7 (tujuh), maka kami akan menempuh tindakan hukum.

Pengiriman

  1. Pengiriman dilakukan dari Kota Malang. 
  2. Pengiriman dilakukan Macroscope Group setelah pelanggan terkonfirmasi melunasi pembayaran sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan.
  3. Ongkos kirim dibebankan kepada pelanggan kecuali ada sebuah promo. 
  4. Macroscope Group menggunakan ekspedisi pengiriman Wahana, Kalog, serta JNE untuk pengiriman antar kota dan menggunakan Zendo untuk area Kota Malang. 
  5. Pengiriman di area Kota Malang gratis untuk pemesanan minimal 24 pcs dan menggunakan Zendo.
  6. Macroscope Group akan mengonfirmasikan pesanan apabila proyek konveksi sudah selesai dan siap untuk dikirim.
  7. Nomor resi pengiriman akan dikirimkan ke alamat email atau ke nomor HP yang terdaftar saat melakukan pemesanan.
  8. Untuk pengiriman produk Macroscope, pihak Macroscope melakukan packing menggunakan kotak kardus ramah lingkungan, kertas roti, dan label segel resmi. 
  9. Untuk pengiriman produk layanan konveksi, pihak Leapitup.id melakukan packing menggunakan plastik per satuan dan karung plastik. 
  10. Lama pengiriman tergantung dari penyedia jasa kiriman dan jenis layanan pengiriman yang dipilih oleh pelanggan.
  11. Untuk keterlambatan, kerusakan yang diakibatkan ekspedisi, pihak Macroscope tidak bertanggung jawab penuh atas hal tersebut. Namun, pihak Macroscope tetap akan berkoordinasi dengan pihak ekspedisi untuk menjamin kualitas barang tetap prima.

Retur, Kompensasi, Garansi, dan Pengembalian Dana

  1. Pihak Macroscope memberikan garansi terhadap semua produk ready stock seumur hidup sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Ketentuan tersebut dapat dibaca di halaman kebijakan garansi dan pengembalian.
  2. Pihak Macroscope memberikan garansi terhadap hasil produksi layanan konveksi selama 3×24 jam pasca barang pelanggan terima.
  3. Untuk jenis kerusakan/kecacatan/kekurangan hasil produksi layanan sablon Leapitup yang kami garansikan yaitu
    1. Kerusakan hasil sablon ;
    2. Kerusakan jahitan, kancing, dan kain dalam tingkat yang tidak bisa ditoleransi–rusak berat ; 
    3. Produk tidak sesuai desain–pesanan ; 
    4. Ukuran yang dikirimkan tidak sesuai dengan pesanan.
  4. Untuk syarat-syarat berlakunya garansi adalah sebagai berikut :
    1. Pelanggan melakukan konfirmasi penerimaan barang tepat disaat barang telah tiba dengan video unboxing ; 
    2. Tidak melakukan klaim melebihi waktu yang telah ditentukan ; 
    3. Produk belum pernah dicuci ; 
    4. Memenuhi jenis kerusakan yang kami garansikan.
  5. Untuk alur pengembalian/perbaikan barang pada layanan sablon adalah,
    1. Pelanggan menghubungi pihak Macroscope dan akan diarahkan untuk mengisi formulir klaim ;
    2. Pihak Macroscope akan melakukan verifikasi data (sekitar 1-3 hari kerja) ; 
    3. Pelanggan melakukan pengiriman ke Macroscope. Pihak Macroscope menanggung biaya pengiriman hingga Rp25.000 ; 
    4. Masa Perbaikan (sekitar 3-14 hari kerja untuk sablon)/ Masa Penukaran (sekitar 1-2 hari kerja untuk penyesuaian stok) ; 
    5. Pengiriman oleh Macroscope kembali kepada pelanggan. Biaya kirim dibebankan kepada pelanggan.
  6. Apabila pelanggan pada layanan konveksi tidak berkenan untuk melakukan proses garansi, Macroscope Group dapat memberikan pengembalian dana sebesar Rp7.000/pcs-nya. 
  7. Pihak Macroscope Group berhak menawarkan pengembalian dana apabila estimasi proses perbaikan maupun penukaran memakan waktu lebih dari 14 hari kerja
  8. Hal-hal lain mengenai masalah retur ; kompensasi ; garansi, dapat diselesaikan dengan cara kekeluargaan bersama pihak Macroscope.

Kewajiban dan Hak Pelanggan

  1. Pelanggan wajib mengisi data pemesanan dengan baik dan benar. Kesalahan data dan kejadian-kejadian selanjutnya yang terkait dengan hal tersebut, tidak akan menjadi tanggung jawab Macroscope.
  2. Pelanggan wajib melakukan prosedur-prosedur pemesanan yang telah ditentukan oleh Macroscope.
  3. Pelanggan wajib merekam video unboxing ketika menerima barang.
  4. Pelanggan wajib melakukan pembayaran sesuai dengan total harga dan ketentuan yang sudah ditentukan.
  5. Pelanggan wajib memberikan konsep dasar saat menggunakan layanan desain Macroscope.
  6. Pelanggan wajib mengirimkan testimoni dalam bentuk foto maupun review pada tautan yang telah kami sediakan.
  7. Pelanggan wajib menyetujui ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan Macroscope.
  8. Pelanggan memiliki hak untuk menanyakan kondisi terkini barang pesanannya.
  9. Pelanggan memiliki hak untuk meminta, menagih garansi ; kompensasi ; dan retur apabila telah memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ada.
  10. Pelanggan memiliki hak untuk meminta didesainkan oleh pihak Macroscope sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. 
  11. Pelanggan memiliki hak untuk menyampaikan kritik dan saran kepada pihak Macroscope.
  12. Pelanggan memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan data, privasi yang telah diserahkan kepada pihak Macroscope.

Ketentuan Tambahan

  1. Macroscope menjamin keamanan data pelanggan yang telah diserahkan kepada kami. Macroscope menggunakan sistem komputasi awan dengan standar keamanan maksimum untuk menjaga kerahasiaan data.
  2. Apabila sewaktu-waktu terjadi perselisihan yang tidak dapat diselesaikan secara musyawarah mufakat, maka dapat diselesaikan melalui Badan Perlindungan Konsumen Nasional. Namun, jika ternyata masih tidak dapat diselesaikan juga, maka akan diselesaikan melalui Pengadilan Negeri Malang dan biaya hukum dibebankan kepada pelanggan.
  3. Dengan melakukan pembayaran pada transaksi pemesanan anda di Macroscope Group, maka secara otomatis anda telah membaca dengan jelas, dan patuh terhadap syarat dan ketentuan pemesanan di Macroscope.