loader image

Ternyata Warna Pakaian Bisa Menunjukkan Kepribadianmu Loh

Hati-hati dalam menentukan warna pakaian yang akan kamu kenakan, karena orang lain akan dengan mudah menebak perasaan kamu! Macroscopers, mitos atau fakta ya kalau warna pakaian yang dikenakan dapat menunjukkan kepribadian seseorang? Kalau kamu sendiri bagaimana, apakah perspektifmu dalam memilih warna pakaian saat hendak bepergian lebih banyak dipengaruhi oleh karaktermu sendiri? Atau apakah jika seorang temanmu mengenakan pakaian berwarna cerah seperti kuning atau merah kamu akan langsung berpikiran bahwa dia adalah seorang yang ramah dan ceria? Tulis dulu yuk di komentar!

Warna Sebagai Bentuk Komunikasi Non Verbal

Makna warna pada pakaian yang dikenakan sebetulnya dapat berbeda bagi seseorang bergantung pada kondisi saat pakaian tersebut dikenakan maupun faktor lain seperti budaya, lingkungan, bahkan agama maupun ras masing-masing. Contohnya orang-orang yang tinggal di lingkungan bertemperatur dingin lebih senang mengenakan pakaian dengan warna-warna hangat (warm colors) seperti kuning, merah, orange, dan kombinasi dari warna-warna tersebut. Sebaliknya orang-orang yang tinggal di lingkungan bertemperatur hangat lebih senang mengenakan pakaian dengan warna-warna dingin (cool colors) seperti hijau, biru, dan ungu.

Warna Berbeda, Memiliki Arti yang Berbeda

Masing-masing warna memiliki arti yang berbeda. Berikut beberapa ulasan terhadap setiap warna berdasar tulisan dalam The International Journal of Indian Psychology.

  1. Merah

Warna merah yang tergolong dalam warm colors menggambarkan perasaan semangat atau gairah, hingga cinta. Oleh karenanya sering kali warna merah digunakan untuk benda-benda yang akan dihadiahkan kepada pasangan seperti bunga mawar merah, tempat cincin atau kue cokelat, dan sebagainya. Karakteristik warna ini yang mencolok sangat mengundang perhatian sehingga mata orang akan langsung tertuju padamu jika kamu mengenakan baju berwarna merah.

  1. Biru
Sumber : CNN

Warna biru sering diidentikkan dengan ketenangan dan sebetulnya tubuh manusia memang akan memproduksi zat yang memicu perasaan tenang tersebut ketika melihat warna biru. Oleh karenanya warna biru sering digunakan untuk cat kamar tidur, bantal, hingga selimut untuk membantu mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Selain itu, ketenangan akan mendorong seseorang untuk lebih fokus dan bijak dalam menghadapi sesuatu. Coba kamu amati temanmu yang gemar menggunakan pakaian biru, apakah mereka merupakan seseorang yang kalem?

  1. Hitam
Sumber : Harper’s Bazaar

Warna hitam banyak diasosiasikan dengan hal-hal negatif seperti kejahatan karena banyak penjahat menggunakan pakaian serba hitam untuk menyamarkan identitas. Pakaian berwarna hitam juga umumnya dikenakan saat hendak menghadiri upacara pemakaman. Akan tetapi, hal-hal positif seperti kekuatan dan kekuasaan serta intelektualitas.

  1. Putih

Ketika mendengar kata putih pastilah yang muncul dalam benakmu adalah kesucian dan higiene. Oleh karenanya warna putih banyak digunakan dalam atribut-atribut keagamaan, gaun pernikahan, maupun di tempat-tempat pelayanan kesehatan. Selain itu, warna putih juga melambangkan ketulusan dan kesederhanaan.

Selain keempat warna di atas, manakah warna yang paling sering kamu kenakan? Adakah warna lain yang lebih cocok dengan kepribadianmu dan kepribadian yang seperti apakah itu? Dengan mengidentifikasikannya, kamu akan menemukan sendiri jawaban pertanyaan sebelumnya yaitu benarkah warna pakaian dapat menunjukkan kepribadian seseorang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page