loader image

Ritsleting (Resleting) atau Kancing : Mana yang Harus Dipilih?

Lebih suka mengenakan pakaian yang berkancing atau dengan ritsleting? Macroscopers pasti punya alasan tersendiri untuk menjawabnya. Ada yang berulang kali mengalami hal tidak mengenakkan saat memakai baju dengan ritsleting karena kepalanya macet, menyangkut di kain, atau bahkan tidak menutup dengan sempurna sehingga lebih memilih kancing. Ada pula yang kurang suka dengan kancing karena membuka satu per satu mata kancing itu memakan waktu, ditambah sering kali mata kancing tersebut terlepas dari benang yang mengikatnya. Lalu, mana yang sebaiknya harus kamu pilih kancing atau ritsleting. Jangan lewatkan artikel berikut karena kami akan mengajak kamu membahas tuntas keduanya!

Perbedaan Ritsleting dan Kancing

Pada pakaian yang kita kenakan sehari-hari, baik itu celana, rok, jaket, bahkan tas punggung atau ransel pasti terdapat deretan gerigi dengan sebuah kepala yang disebut slider yang dapat digerakkan untuk membuka dan menyatukan gerigi tersebut. Itulah yang disebut dengan ritsleting atau bahasa Inggrisnya adalah Zipper. Awas jangan sampai salah sebut ya! Ritsleting bukan resletting. Kata ini sendiri merupakan serapan sebuah kata dari bahasa Belanda yaitu ritssluiting yang menunjuk pada arti yang sama.

Selain dengan ritsleting, benda yang umumnya dipilih untuk menyatukan dua sisi kain atau penutup pakaian adalah kancing. Kancing memiliki bentuk yang bundar dan pipih serta dipasangkan hanya pada salah satu sisi pakaian dengan menggunakan benang, sementara sisi yang lain dibuat lubang-lubang yang sejajar dengan letak kancing tersebut agar kancing tersebut dapat dikaitkan ke dalam lubang-lubang itu.

Jenis Ritsleting dan Kancing

Mengenai jenis-jenis dan penjelasan lebih lengkap mengenai kancing sudah pernah Scoopy bagi melalui artikel tersendiri lo! Sudahkah kamu membacanya? (Asal-Usul Kancing beserta Jenis-jenisnya yang Wajib Banget Kamu Ketahui) Sedangkan, untuk jenis-jenis ritsleting dapat dibedakan menurut bentuk gerigi atau bahan yang digunakan, antara lain:

  1. Coil Zipper

Gerigi pada jenis ritsleting ini menyerupai gulungan panjang dan biasanya bahannya adalah serat sintetis seperti poliester maupun nilon. Coil zipper dapat berbentuk close end yaitu ritsleting yang memiliki kuncian di bagian bawah atau disebut bottom stop sehingga kedua sisi ritsleting tersebut tidak dapat dipisahkan. Ada pula yang berbentuk open end yang mana tidak memiliki bottom stop di bagian bawahnya.

  1. Metal Zipper

Sebagaimana namanya, metal zipper dibuat dari bahan metal misalnya kuningan hingga aluminium. Penggunaan bahan metal ini ditujukan untuk menambah kesan kokoh pada ritsleting sehingga tampak lebih eksklusif. Kelebihan ritsleting jenis ini kaitan antar geriginya lebih kuat ketimbang jenis ritsleting lain.

  1. Plastic Zipper

Jenis ritsleting ini menggunakan bahan dasar plastik sebagai penyusunnya sehingga memiliki banyak keunggulan di antaranya tingkat elastisitasnya lebih baik ketimbang jenis ritsleting lain. Keelastisitasan ini diperlukan pada model-model pakaian dengan lengkungan atau detail-detail lain. Selain itu, bahan plastik menjadikan jenis ritsleting ini tidak mudah berkarat.

  1. Invisible Zipper

Gerigi pada ritsleting jenis ini tidak akan terlihat dan tersembunyi di balik kain apabila ditutup sehingga tidak akan mengganggu estetika dari pakaian tersebut. Oleh karena karakteristik tersebut, invisible zipper banyak digunakan pada pakaian-pakaian seperti gaun, dan sebagainya.

Menentukan Pilihan Antara Ritsleting atau Kancing

Membaca penjelasan sebelumnya, tentu kamu sudah mengetahui kegunaan ritsleting dan kancing yang dapat berbeda berdasar jenis-jenisnya. Setiap pakaian pasti memerlukan baik ritsleting maupun kancing yang cocok dari segi bahan juga warna agar nyaman dikenakan dan tidak mengurangi estetika dari pakaian tersebut. Kamu bisa memilih antara keduanya dengan menyesuaikan model atau bahan pakaian yang hendak kamu buat. Sayangnya kemudahan untuk memilih penggunaan ritsleting atau kancing ini tidak bisa kamu dapatkan dengan membeli pakaian jadi di toko. Tetapi, kamu dapat membuat sendiri pakaian kamu dengan ritsleting atau kancing yang diinginkan melalui para penyedia jasa konveksi. Tidak perlu takut kantong jebol! Leapitup siap membantumu! 

Dengan memilih Leapitup sebagai mitra produksi pakaianmu, kamu bakal dilayani sepenuh hati oleh customer service yang terdedikasi. Kamu bisa memilih beragam jenis ritsleting maupun kancing yang kamu kehendaki untuk pakaian impianmu! Tinggal paparkan saja beragam keinginanmu, Leapitup bakal sat set wat wet mewujudkannya! 

Ayo buat pakaianmu di Leapitup sekarang! 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart
Search
×