loader image

Siapa Penemu Pertama Kaos Kaki? Inilah Asal-Usul Kaos Kaki!

Macroscopers, siapa yang dahulu sering mencopot kaos kaki sembarangan sepulang sekolah? Alhasil kaos kaki kamu jadi mudah hilang, kalau ketemu pun paling tinggal sebelah. Siap-siap deh diceramahi panjang lebar sama Emak! Selain sebagai atribut seragam sekolah, tahukah kamu apa saja fungsi dari kaos kaki yang sebenarnya? Siapa ya penemu pertama kaos kaki untuk pertama kalinya di dunia? Pernahkah kamu melihat seperti apa rupa kaos kaki tertua di dunia dan bagaimana produksi kaos kaki di dunia dimulai? Ketimbang terus dibelenggu rasa penasaran, yuk simak artikel berikut hingga habis untuk mendapatkan jawaban-jawabannya!

Kaos Kaki Pertama di Dunia

Sebetulnya, tidak jelas siapa yang mencetuskan ide untuk membuat kaos kaki pertama kalinya. Akan tetapi, jejak penggunaan kaos kaki pertama di dunia tercatat sekitar abad ke-8 Sebelum Masehi atau hampir 3000 tahun yang lalu. Orang-orang Yunani Kuno pada masa itu mengenakan “piloi” yang terbuat dari jalinan rambut-rambut hewan untuk menutup kaki mereka. Seorang penggembala domba bernama Hesiod menuliskan sebuah puisi berjudul “Days and Works” yang di dalamnya memuat pesan kepada adiknya agar melindungi diri dari hawa dingin dan berpakaian dengan baik termasuk menggunakan piloi.

Kaos kaki pertama kali dari hasil rajutan bahan wol diperkirakan diciptakan oleh orang-orang Mesir Kuno. Sewaktu melakukan ekskavasi makam-makam kuno di Mesir pada abad ke-19, para arkeolog menemukan sepasang kaos kaki yang diyakini dibuat antara tahun 250-420 Masehi. Kaos kaki tersebut hingga saat ini masih disimpan di Museum Victoria and Albert yang berada di London dan menjadi kaos kaki tertua di dunia yang ditemukan.

Kaos Kaki Tertua di Dunia Disimpan di Museum Victoria and Albert, London.
(Source : Colletions.vam.ac.uk)

Produksi Massal Kaos Kaki Pada Masa Revolusi Industri

Mesin Perajut Kaos Kaki Milik William Lee
(Source : Madeupinbritain.uk, knittingtogether.org.uk)
William Lee
(Source : Madeupinbritain.uk, knittingtogether.org.uk)

Melompat jauh pada tahun 1589, akhirnya mesin perajut kaos kaki pertama di dunia ditemukan oleh seorang pendeta asal Inggris yaitu William Lee. Awalnya, produk kaos kaki yang dihasilkan oleh mesin tersebut terlalu kasar sehingga ditolak oleh Ratu Elizabeth I, akan tetapi dukungan justru didapatkan oleh Lee dari Raja Henri IV dari Prancis sehingga Lee dapat mendirikan pabrik di Rouen, Prancis. Kabar mengenai ditemukannya mesin rajut ini pun menyebar ke seluruh Eropa seiring dengan Revolusi Industri sehingga lebih banyak orang dapat mengakses kaos kaki rajut tersebut. Kini, di zaman yang telah modern teknik merajut yang digunakan pada mesin perajut kaos kaki ciptaan Lee tersebut pun masih digunakan untuk memproduksi kaos kaki rajutan dalam jumlah banyak.

Kaos Kaki Dalam Kehidupan Sehari-hari

Apa kegunaan kaos kaki dalam kehidupan sehari-hari yang kamu ketahui? Tentunya fungsi utama kaos kaki adalah membantu menghangatkan kaki di kala hawa dingin menyerang baik di rumah maupun sedang bepergian. Saat bepergian dengan menggunakan sepatu pun kaos kaki dapat menghindarkan dari luka lecet akibat gesekan yang terus menerus antara kulit kaki dengan sepatu, apalagi jika kamu menggunakan bahan sepatu yang tebal dan keras seperti sepatu kulit.

Seiring berjalannya waktu, kaos kaki juga digunakan untuk mempercantik gaya berpakaian. Kaos kaki telah menjadi bagian tak terpisahkan dari fashion sehingga dibuatlah kaos kaki yang tidak hanya nyaman dikenakan tetapi juga memiliki kombinasi warna atau motif yang apik untuk dipadu padankan dengan pakaian lain. Tidak hanya itu, orang-orang pun mulai melirik kaos kaki sebagai alternatif hadiah untuk diberikan pada orang tersayang pada momen-momen tertentu.

Kaos Kaki dengan Motif Smiley Emoji
(source : freepeople.com)

Nah, Kini Kamu Sudah Tahu Asal-usul Kaos Kaki kan?

Setelah membaca cerita mengenai kaos kaki pertama di dunia dan dimulainya produksi kaos kaki masal pada masa revolusi industri, pengetahuan-pengetahuan seputar fashion seperti apa lagi yang ingin kamu baca? Scoopy masih punya banyak artikel lain yang menarik untuk kamu baca, seperti artikel mengenai asal-usul kancing baju berikut ini: (Asal-usul Kancing Beserta Jenis-jenisnya yang Wajib Kamu Ketahui!)

Nantikan artikel-artikel pengetahuan maupun tips-tips seputar fashion di #MacroscopeInfo atau kamu juga bisa ikut kegiatan-kegiatan seru yang pastinya menambah wawasan kamu tidak hanya tentang fashion tetapi juga bisnis fashion bersama Macroscope. Di akhir bulan Mei ini akan ada Kelas Sablon dengan mentor yang tidak diragukan lagi pengalamannya dan akan mengajak kamu untuk belajar mengenai sablon dari nol hingga mempraktikkannya secara langsung serta cara memformulasikan bisnis agar peluang sukses lebih besar! Paket lengkap yang sayang sekali untuk dilewatkan, yuk daftar sekarang!

Segera daftarkan dirimu di kelas keren ini sekarang. Kuotanya hanya 20 orang aja loh! Kamu bisa membeli tiketnya juga via Loket.com. Paling spesialnya, ada diskon 25k untuk 10 pendaftar pertama. Yuk ikutan sekarang juga!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page