Tujuh Belas Desember Dua Ribu Dua Puluh Dua..
Macroscopers, enam tahun umur kami barangkali masih tergolong muda apabila dibandingkan dengan sederet nama-nama lain yang telah melenggang menjadi penyedia produk dan jasa di dunia fesyen. Namun, bila menengok kilas balik perjalanan kami sepanjang 6 tahun tersebut, peran kami dalam meramaikan blantika fesyen di Indonesia tidaklah sedikit bila dibandingkan dengan yang lain pula. Oleh karena itu, dalam rangka menghitung hari menuju pergantian tahun 2022 ke 2023, melalui artikel ini kami tidak hanya akan mengajak kamu meniti kembali perjalanan kami selama setahun terakhir melainkan hingga 6 tahun ke belakang sejak pertama kali kami berdiri. Sekaligus, kami akan menitipkan pesan untuk kamu di penghujung cerita.
Jawaban Segala Permasalahan
Masih ingatkah kamu kisah kelahiran kami sebagai Macroscope Indonesia? Mulanya, kami dibentuk sebagai jawaban atas kebutuhan teman-teman sekolah dari para founders yang saat itu kesulitan menemukan vendor paling tepat untuk memproduksi pesanan kaos mereka yang akan digunakan pada event besar di sekolah. Memang, cukup jarang vendor yang menyediakan jasa sablon kaos dengan kualitas terbaik dengan harga masih ramah bagi kantong anak sekolahan, serta kemudahan pemesanan secara daring di Kota Malang saat itu. Seiring berjalannya waktu, bukan hanya persoalan kebutuhan pesanan kaos untuk berbagai event di sekolah yang mampu kami selesaikan, melainkan juga untuk event bertaraf internasional dari konsumen yang berasal dari mancanegara seperti South East Asia Creative Competition by SEAMEO Bangkok. Bangga!
Tentunya tidak berhenti di sana, berbagai persoalan lain mengenai pembuatan jas dengan pilihan bahan yang lebih beragam, atau kemeja dengan pilihan kancing yang lebih bervariasi juga mampu kami jawab. Kamu ingin membuat jas almamater dengan bahan yang kaku agar saat dipakai membawa kesan berwibawa namun tetap nyaman dipakai? Tinggal hubungi kami, “Mas, mau pesan 100 almamater pakai american drill!” Langsung sat set sat set, beres! Kamu tidak perlu pusing-pusing untuk memutari kota demi menemukan vendor yang sesuai dengan keinginan dan budget kamu, tinggal duduk-duduk di rumah dan tunggu abang kurir teriak pakeeeeeet~
Satu lagi, untuk kamu yang menjadi panitia event besar di sekolah atau kampus dan lagi pusing soal duit karena sponsor yang lagi seret. Lagi, lagi, kamilah jawaban atas semua keresahaan itu melalui Macroscope School Network dengan berbagai benefitnya. Sampai sini, sudah paham kan mengapa Macroscope dapat disebut sebagai jawaban dari segala permasalahan? Semoga, di kesempatan-kesempatan berikutnya pun akan lebih banyak tantangan-tantangan yang dapat dijawab pula.
Komitmen Seiring Bertambahnya Usia
Menurut kamu, apakah penjual atau pengusaha itu sepatutnya berkomitmen untuk menyediakan barang dan jasa terbaik bagi konsumen? Menurut kami sih sudah pasti dan hal itu pulalah yang selalu kami junjung. Akan tetapi, salah besar jika kamu mengira bahwa komitmen kami hanya sebatas itu. Lebih jauh dari itu, komitmen juga kami nyatakan kepada diri kami sendiri untuk terus memperjuangkan mimpi-mimpi kami, para founders dari Macroscope, melalui usaha yang kami dirikan ini.
Terhadap masyarakat luas, kami berkomitmen untuk terus membuka selebar-lebarnya kesempatan kerja sama dalam pemenuhan kebutuhan fesyen sebagai penyedia jasa maupun penyuplai bahan baku dalam proses produksi kami. Selain itu, ajakan berkembang bersama juga kami lakukan melalui program Macroscope Career dengan menggandeng anak-anak muda agar dapat mengekspresikan kreativitas dan inovasinya melalui kami. Bahkan kami juga menyediakan paket-paket usaha untuk membantu anak-anak muda lain dengan semangat wirausaha yang tinggi dalam mewujudkan mimpi mereka dan nantinya menciptakan lapangan pekerjaan yang lebih banyak lagi.
Terakhir, komitmen juga tak lupa kami berikan kepada alam tempat kita hidup sehari-harinya. Masih ingatkah kamu dengan artikel kami beberapa waktu lalu yang membahas mengenai betapa penuh bumi tempat tinggal kita ini oleh limbah fesyen? Oleh karena itu, kami berupaya untuk selalu menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan untuk setiap produk yang kami buat contohnya saja kaos dari tanaman aloe vera yang sudah pernah pula kami bahas di artikel sebelumnya (Cotton Aloe The Next Level of Cotton Combed) . Selain itu, produk-produk yang kami hasilkan benar-benar diperhatikan kualitasnya agar tidak mudah rusak dan tidak mengandung mikroplastik atau unsur lain yang berdampak buruk bagi lingkungan. Bahkan, produk yang kamu beli dari kami justru menyumbang selangkah lebih jauh bagi kita dari ancaman pemanasan global karena kami telah bekerja sama dengan Handprint, startup environment tech asal Singapura yang dapat menyulap 1 produk yang kamu beli menjadi 1 pohon mangrove yang nantinya ditanam di banyak pantai di Indonesia. Sederet komitmen kami terhadap alam ini tentunya selaras dengan tagline kami: Masa Depan Fesyen Berkelanjutan ada Di Sini, tidak lain ada di kami, Macroscope Berdikari Nusantara.
Enam tahu berlalu, jalan panjang berliku nan berbatu sekeras hati kami coba untuk taklukan tanpa ragu. Setiap langkah toreh prestasi, mendedikasikan diri bagi negeri. Tak ada yang lebih indah selain menjadi bagian dari roda yang memajukan fesyen Indonesia dan mesin-mesin yang menggerakkan semangat anak muda berwirausaha. Akan tetapi, bagaimana pun, dengan sangat rendah diri kami mohon pamit. Kami sadar segala hal yang telah kami upayakan tidaklah cukup dan entah sudah berapa banyak kekeliruan dan ketidaksempurnaan kami di sepanjang perjalanan. Oleh karena itu, izinkan kami untuk pamit dan sambutlah kembali kami di esok hari dengan semangat dan inovasi baru untuk meneruskan usaha serta komitmen kami agar terus mendapat ruang di hati kamu, Macroscopers sekalian, sebagai brand sustainable fashion andalan di Indonesia!
Terima kasih Macroscopers atas dukungan kalian selama enam tahun ini! Teruslah mendukung kami di mana pun dan kapanpun! We love you all!
Tertanda,
#TeamMacroscope