loader image

Peran Industri Pakaian Sebagai Pahlawan Ekonomi Bangsa

Negara telah memberi banyak hal kepada kita, kini saatnya kita yang memberi sumbangsih untuk negara.”

Macroscopers, pasti sudah hapal kalimat sebelumnya yang acap kali digaungkan siapa saja pada momen-momen penting seperti hari kemerdekaan hingga hari pahlawan beberapa waktu lewat. Bagi kami sendiri, Macroscope Indonesia, kalimat tersebut dengan sempurna mencerminkan tekad kami. Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tahun ini, kami akan mengajak kamu menyimak sepenggal kisah perjalanan Macroscope Indonesia dalam pusaran industri pakaian di Indonesia serta bagaimana kemudian industri-industri seperti kami mengejar mimpi untuk dikenang sebagai pahlawan ekonomi bangsa.

Bukan Lagi Hanya Pahlawan Bagi Sekitar

Macroscope Indonesia, berangkat dari ide sederhana untuk mengatasi permasalahan di sekitar para pendirinya yang masihlah anak sekolah dengan segala keterbatasan. Permasalahan tersebut adalah menemukan vendor kaos dengan harga terjangkau namun kualitasnya maksimal untuk memenuhi berbagai kebutuhan termasuk acara-acara di sekolah. Kebuntuan dalam pencarian tersebutlah yang mendorong tercetusnya ide membentuk sendiri suatu usaha yang menyediakan jasa pembuatan kaos. Pada saat itu, Macroscope Indonesia dapat dikatakan baru sekadar menjadi pahlawan bagi rekan-rekan di lingkungan kecil di sekitar mereja saja.

Lambat laun, ketika usaha jasa tersebut semakin digeluti dengan serius, berbagai kebutuhan penyediaan pakaian hingga ke luar negeri pun dapat terpenuhi. Dari sanalah kemudian muncul gairah untuk terus mengembangkan usaha kecil tersebut menjadi suatu industri yang lebih besar dan tampil gagah memberi kontribusi terhadap perekonomian bangsa.

Pahlawan Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi

Era industri 4.0 disambut dengan begitu semarak oleh pemerintah dengan pemrioritasan perkembangan sektor-sektor manufaktur yang salah satunya adalah industri tekstil dan pakaian. Pada triwulan III tahun 2019 lalu saja, indstri ini telah mencatatkan pertumbuhan paling tinggi yaitu sebesar 15,08%. Hal ini tentunya dilatarbelakangi oleh daya saing tinggi dari industri tekstil dan pakaian tersebut sendiri sehingga ekspor pun dapat semakin dipacu. Tidak ketinggalan permintaan pasar domestik yang tidak pernah surut. Kedua hal ini kemudian meningkatkan angka produksi di sentra-sentra produksi tekstil dan pakaian jadi.

Tidak berhenti di sana, sederet peran besar pun tetap terus ditorehkan industri ini bagi bangsa sekalipun di masa pandemi dengan menjadi salah satu sektor paling potensial untuk memulihkan perekonomian bangsa yang tengah terpuruk. Kementerian Perdagangan sendiri mencatat ekspor pakaian per Maret 2021 lalu mencapai kisaran US$ 360 juta. Perkembangan semacam ini tentunya menjadi motivasi bagi lebih banyak pelaku usaha tidak hanya usaha pakaian untuk bangkit dan merangkul lebih banyak tenaga kerja demi menggerakkan kembali roda perekonomian.

Pakaian Paling Bagus Untuk Anak Bangsa

Macroscope Indonesia, pastinya turut bersuka cita menjadi bagian dari industri-industri yang berhasil tidak hanya menjadi pahlawan bagi sekitar dalam hal penyediaan kebutuhan sandang bahkan lapangan pekerjaan, tetapi juga pahlawan bagi bangsa dengan bahu-membahu bersama para pelaku industri lain untuk memulihkan dan terus memajukan perekonomian bangsa. Jika diibaratkan, kami telah bersama-sama menjahit pakaian yang paling apik untuk negara agar dipandang baik di mata dunia.

Pencapaian ini tentunya tidak lepas dari usaha kami sehari-harinya yang tampaknya sepele namun dampaknya begitu besar. Tidak lain adalah mengerjakan berbagai pemesanan pakaian, sablon, dan memproduksi beragam artikel fesyen yang luar biasa. Puluhan ribu pcs pakaian serta produk aksesoris fesyen lainnya telah kami produksi sejak kami berdiri. Tentu saja, di setiap pcs dari produk tersebut terdapat cerita di baliknya. Mulai dari cerita lucu, cerita perjuangan, hingga pelajaran yang kami ambil ada di setiap proses produksi tersebut yang tak akan terlupakan. 

Dulu, cerita-cerita tersebut hanya untuk konsumsi kami pribadi. Namun, kini kamu para pendukung setia kami dapat menikmati cerita tersebut di laman www.portofolio.macroscope.id. Akses segera laman tersebut dan tetaplah berada di barisan pendukung setia Macroscope agar kami mampu berkontribusi lebih bagi perekonomian bangsa ini ya! 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart
Search
×