loader image
cara mendirikan perseroan perorangan

10 Langkah Mudah Mendirikan Perseroan Perorangan

Tidak Sampai 15 Menit Mendirikan Badan Usaha Paling Tepat untuk Memulai Usaha Apparelmu!

PERHATIAN! Macroscopers, sebelum kembali memulai aktivitas, kami mau mengingatkan sesuatu yang penting nih!

Ternyata perjalanan kamu memulai bisnis fesyen dari 0 belumlah usai.  Hingga hari ini, progres kamu antara lain telah menentukan orientasi usaha baik konveksi ataupun garmen, lalu menentukan vendor terbaik hingga mengenali jenis bahan untuk produk-produk yang akan dihasilkan (Tips Bangun Bisnis Fesyen untuk Pemula yang Nggak Bikin Bingung). Sekarang, kita melangkah pada tahap berikutnya yaitu mendirikan badan usaha untuk bisnismu yang paling mudah, yaitu Perseroan Perorangan!

Eh, mengapa harus Perseroan Perorangan? Untuk mengetahui apa itu Perseroan Perorangan dengan berbagai kelebihan sekaligus cara mendirikannya, yuk simak informasi yang kami sajikan di bawah ini!

Mengenal Perseroan Perorangan

Konsep perseroan perorangan telah berkembang di banyak negara dengan istilah yang beragam salah satunya Sole Proprietorship di Amerika Serikat dan  Sole Trader di Inggris dengan karakteristik masing-masing yang berbeda. Begitu pula di Indonesia yang bentuk perseroan perorangannya bahkan tidak ada di negara lain mana pun.

Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2021 tentang Modal Dasar Perseroan serta Pendaftaran Pendirian, Perubahan, dan Pembubaran Perseroan yang Memenuhi Kriteria untuk Usaha Mikro dan Kecil, perseroan perorangan dapat didirikan oleh 1 orang saja, yang nantinya akan menjalankan sekaligus mengawasi perseroannya itu, dengan persyaratan salah satunya telah berusia 17 tahun.

Pastinya cocok untuk kamu yang bermimpi jadi pengusaha muda, sehabis lulus SMA langsung sat set bikin! Tetapi, karena masih pemula dan mungkin di samping mengembangkan usaha, kamu juga masih harus berkuliah, kamu butuh yang anti ribet. Jangan khawatir, model perseroan perorangan menawarkan berbagai kemudahan untuk kamu dalam merintis usaha.

Kemudahan yang Ditawarkan Perseroan Perorangan

Pada tahap awal yaitu pendaftaran, pemilik perseroan perorangan hanya tinggal mengisi formulir pernyataan pendirian yang disediakan secara elektronik tanpa perlu repot-repot mendatangi kantor notaris untuk memohonkan pembuatan akta. Setelahnya juga tidak ada kewajiban untuk mengumumkan pendaftaran itu dalam Tambahan Berita Negara.

Hal-hal di atas tentunya menghemat waktu, biaya, serta tenaga karena prosesnya yang sederhana dan pastinya anti ribet untuk kamu yang pemula dan masih awam mengenai segala aturan dan birokrasi dalam pendirian badan usaha. Cukup dengan klik-klik langsung beres!

Yang tidak kalah menarik, dalam menjalankan perseroan perorangan ini nanti, pajak yang dibebankan kepada pemilik lebih murah lo ketimbang bentuk usaha lain! Cuma 0.5% aja (PPh Final UMKM). Namun, sebelum dapat merasakan manfaat perseroan perorangan yang satu ini kamu harus terlebih dahulu mendaftarkan badan usahamu itu ya! Bagaimana caranya?

Cara Mendirikan Perseroan Perorangan

Agar badan usahamu mendapat perlindungan hukum dari pemerintah sebagai badan hukum berupa perseroan perorangan, pertama kamu harus mendaftar terlebih dahulu dan mendapatkan sertifikat pendaftaran. Untuk mekanisme yang satu ini kamu bisa langsung mengikuti step-step berikut ini :

Siapkan data diri seperti KTP dan NPWP untuk melakukan registrasi akun di https://ptp.ahu.go.id/

Setelah berhasil melakukan aktivasi akun melalui surelmu, maka kamu sudah bisa melakukan login di laman yang sama

Setelah berhasil login, maka kamu akan diarahkan ke dashboard dari aplikasi perseroan perorangan AHU. Di tahap ini, klik menu “Pendirian

Sumber gambar : panduan.ahu.go.id

Masukkan nomor voucher yang telah kamu beli. Jika belum memiliki, maka kamu dapat membelinya melalui klik “di sini”. Untuk harga vouchernya, cuma 50 ribu aja kok! Jika sudah memiliki, maka masukkan nama perusahaanmu tanpa awalan PT. Perlu diingat, nama PT di Indonesia sendiri mewajibkan menggunakan bahasa Indonesia dan minimal 3 kata.

Sumber gambar : panduan.ahu.go.id

Kamu akan diarahkan kepada halaman pengecekan nama perseroan. Perhatikan dengan detail nama-nama perseroan yang terpampang di halaman tersebut. Jangan sampai ada kesamaan ya! Apabila sudah yakin, maka kamu bisa klik “Saya Yakin dan Lanjutkan”

Sumber gambar : panduan.ahu.go.id

Setelah itu, kamu akan diarahkan kepada laman pengisian data yang meliputi data-data sebagai berikut : 

  • Surel perseroan
  • Alamat lengkap perseroan
  • Nomor telepon perseroan
  • Modal usaha (maksimal 5 Miliar)
  • Kegiatan usaha–KBLI (daftar KBLI dapat kamu akses di https://oss.go.id/informasi/kbli-berbasis-risiko
  • Data pemilik usaha
  • Data pemilik manfaat (bisa diisi oleh data dirimu sendiri)

Ketika sudah mengisi semua dengan benar, maka bisa klik “Submit”

Kamu akan diarahkan ke halaman pratinjau. Pastikan data yang telah kamu isi benar ya! Jika sudah yakin, klik “Yakin dan Submit Permohonan”

Sumber gambar : panduan.ahu.go.id

Kembali ke halaman utama, kamu dapat klik menu “Daftar Transaksi”

Klik “Konfirmasi Pernyataan Pendirian”. Kamu akan diarahkan ke halaman pratinjau transaksi perseroan. Klik “Konfirmasi” apabila kamu sudah yakin

Sumber gambar : panduan.ahu.go.id

Selamat! Kini kamu telah memiliki badan usaha sendiri untuk usaha apparelmu! Jangan lupa unduh surat pernyataan pendirian dan sertifikat pendiriannya ya!

Sumber gambar : panduan.ahu.go.id

Bagaimana? Mudah banget gak sih memiliki PT sendiri? Oh iya, kalau kamu sudah memiliki PT tersendiri, tentu akan lebih mudah untuk masuk ke proyek pemerintahan dan proyek-proyek lainnya karena kamu sudah dipandang professional dibandingkan dengan usaha yang masih perorangan. 

Perlu bantuan dan konsultasi mengenai pendaftaran ini? Tenang, kalau kamu sudah memesan paket EVO di paket #BeraniUsaha kami, tidak usah pusing-pusing lagi karena pengurusan terkait legalitas kamu ini sudah termasuk di dalamnya lo! Wah, benar-benar terbukti kalau kami sangat ramah bagi pengusaha pemula ya karena tidak absen menemani dari awal hingga akhir. Tapi, bagi yang masih ragu, kami masih membuka kesempatan seluasnya agar kamu juga bisa #BeraniUsaha. Jadi, jangan ragu untuk segera menghubungi tim kami ya! Informasi mengenai paket #BeraniUsaha bisa kamu dapatkan di sini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart
Search
×