loader image

Pakaian yang Kita Pakai Ternyata Picu Pemanasan Global!

PANASNYA! Scoopy yang habis belanja kain jadi nggak langsung pulang malah belok mampir ke warung es campur. Macroscopers pasti juga merasakan hawa yang semakin panas akhir-akhir ini. Sayang sekali, peningkatan suhu udara yang kita rasakan itu adalah wujud dari efek pemanasan global. Menyedihkan bukan? Apakah kamu tahu bahwa pakaian yang kamu kenakan saat ini bisa jadi merupakan faktor penyumbang pemanasan global?

Bagaimana Industri Fesyen Berdampak bagi Bumi?

Dari keseluruhan gas emisi rumah kaca, industri fesyen menyumbang sekitar 10%. Untuk produksi tekstil sendiri saja diperkirakan setiap tahunnya dapat menghasilkan sebanyak 1,2 miliar ton gas emisi rumah kaca. Sebagaimana yang kita ketahui, peningkatan gas emisi rumah kaca di atmosfer bumi kita berdampak pada pemanasan global.
Menurut pengajar School of Design and Creative Arts di Loughborough University, Chetna Prajapati, hal di atas terjadi karena penggunaan sumber daya tidak terbarukan dengan skala besar dalam industri fesyen untuk memproduksi pakaian-pakaian dengan masa pemakaian yang singkat. Setelahnya, sisa bahan produksi juga produk pakaian yang tidak lagi dipakai itu masuk pembuangan sampah.


Selain menimbulkan polusi udara oleh karena gas emisi rumah kaca yang dihasilkan, serta polusi darat dari tumpukan sampah, sistem produksi dari industri fesyen saat ini juga berdampak pada pencemaran air. Air dengan jumlah banyak diperlukan untuk memproduksi pakaian yang mana hal ini turut menambah volume air limbah sebanyak 20%. Sistem produksi dalam industri fesyen yang menimbulkan banyak sekali permasalahan ini utamanya bersumber dari industri fast fashion yang telah kami bahas dalam artikel sebelumnya. (Kenali Lebih Jauh Istilah Slow Fashion dan Fast Fashion Serta Perbedaannya!)

Sekarang coba kamu amati baju yang sedang kamu kenakan, kalau baju tersebut diproduksi dari industri fast fashion berarti kamu masuk dalam sekian faktor pemicu memanasnya bumi kita. Lalu langkah apa yang sebaiknya diambil?

Bentuk Dukungan Bagi Keberlanjutan Lingkungan

Macroscopers, tentu kita semua tidak ingin pemanasan global semakin mengganas dan meniadakan ruang bagi kita serta anak dan cucu kita untuk memiliki kehidupan yang layak, aman, dan sehat di bumi yang kita tinggali ini. Oleh karena itu, kami menawarkan solusi yang dapat membantu kamu mengambil peran dalam mendukung keberlanjutan lingkungan salah satunya dengan memperhatikan setiap pakaian yang ada di lemari bajumu saat ini.

Dari sekain banyak pakaian yang kamu miliki, berapa di antaranya yang merupakan produk dari industri fast fashion dan berapa sisanya yang dihasilkan dari industri slow fashion? Jika ternyata pakaian-pakaian kamu masih banyak yang berasal dari industri fast fashion yang berciri pakaian jadi dengan masa pemakaian singkat baik karena ketahanan bahan yang digunakan rendah maupun mode yang cepat ketinggalan zaman, maka ini menjadi tanda saatnya kamu beralih ke produk-produk slow fashion yang umumnya mengusung konsep sustainable.

Beli Baju Suburkan Bumi

Setelah baca artikel ini dan ingin cari brand fesyen apalagi yang lokal yang mengusung konsep sustainable, jawabannya ya kami, Macroscope, karena masa depan fesyen yang berkelanjutan ada di kami.

Komitmen kami terhadap masa depan bumi dimulai bahkan sejak tahap awal pemilihan bahan. Kami hanya menggunakan bahan berkualitas agar produk-produk yang dihasilkan memiliki masa pemakaian yang panjang serta dalam penggunaan bahan tersebut kami tidak menyertakan jenis kain sintetis yang mengandung mikroplastik yang dapat mencemari lingkungan. Memasuki proses produksi, kami selalu pastikan penerapan hemat energi dengan menekan penggunaan listrik serta sumber daya non-terbarukan lain agar tidak ada emisi berbahaya yang timbul dan semakin menyumbang pemanasan global.

Ada lagi nih yang tidak kalah penting, kami bisa menyulap baju kamu yang sebelumnya tidak ramah bagi bumi itu jadi baju yang dapat suburkan bumi! Kok bisa ya? Bisa dong, karena kami telah bekerja sama dengan Handprint, startup environment tech asal Singapura untuk mewujudkan mimpi kamu memberi perubahan pada bumi dengan langkah yang sangat mudah. Cukup dengan membeli produk kami, kamu telah berkontribusi menumbuhkan 1 pohon! Pohon tersebut adalah pohon mangrove yang punya manfaat besar bagi planet kita salah satunya menyerap karbon lebih banyak ketimbang jenis pohon lain. Pohon mangrove ini nantinya akan ditanam di Probolinggo dan Sumatera, khususnya di wilayah seperti Aceh, Sumatera Utara, dan Provinsi Riau.

Stop berlaku buruk terhadap lingkungan! Menyakiti lingkungan sama dengan menyakiti diri sendiri serta anak dan cucu kita di masa depan. Bersama Macroscope, wujudkan #StylewithResponsibility

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart
Search
×