loader image

Tips Bangun Bisnis Fesyen untuk Pemula yang Nggak Bikin Bingung

Masih pemula tapi kepingin bisa langsung menciptakan brandbrand sesukses Gucci atau Versace? Mmm, coba cuci muka dulu kayaknya kamu masih ngantuk. Bercanda kok, apa sih yang nggak mungkin di dunia ini?

Macroscopers, kali ini kami akan menepati janji kami di artikel sebelumnya untuk kasih tahu kamu cara memulai usaha fesyenmu sendiri. Kalau kamu sudah punya bayangan mau bikin usaha konveksi atau garmen nih? Lo, apa itu konveksi? Garmen? Untuk kamu yang ketinggalan, bisa baca-baca dulu artikel kami sebelumnya mengenai konveksi dan garmen di sini (Cara Jadi Sultan Dadakan : Buka Konveksi atau Garmen?)

Temukan Vendor Terbaik

Ketika kamu hendak memulai bisnis, misalnya sablon pakaian, sedangkan kamu tidak memiliki sumber daya sendiri seperti peralatan atau penunjang lain untuk mengerjakan sendiri proses menyablon maka vendor mendapatkan peran vital untuk membantumu. Vendor dapat menyokong proses produksi usahamu karena vendorlah yang menyediakan berbagai kebutuhan mulai dari bahan baku, kemudian peralatan-peralatan untuk menyablon, hingga kamu bisa mempercayakan jasa vendor untuk sekaligus menangani proses tersebut.

Oleh karena keberadaan vendor sangat menentukan keberlangsungan proses produksi, maka sebaiknya kamu memilih vendor terbaik untuk diajak kerja sama. Beberapa hal perlu kamu pertimbangkan saat memilih vendor dan membandingkan antara satu vendor dengan vendor yang lain juga menjadi suatu keharusan.

Kenali Jenis Bahan dan Sablon yang Biasa Dipakai

Sebagai seorang pengusaha kamu juga harus mengenali produk-produk yang akan kamu hasilkan. Masih dengan contoh yang sama yaitu sablon pakaian, tentunya kamu wajib mengetahui plus-minus dan karakteristik dari setiap bahan pakaian serta sablon yang biasa dipakai. Selain agar mampu memfasilitasi konsumen untuk menemukan pilihan terbaik bagi kebutuhan mereka, pengetahuan ini juga dapat membantu kamu untuk berkomunikasi dengan vendor agar meminimalisir kesalahan dan produk yang dihasilkan dapat sesuai dengan yang diinginkan.

Susun Strategi Pemasaran Efektif

Peningkatan dalam usaha fesyen kamu tidak lain juga dilatarbelakangi oleh seberapa konsumen mengenal dan menggemari produk-produkmu. Sampai pada tahap ini, kamu perlu tahu target konsumen seperti apa yang akan dituju untuk memasarkan produkmu agar produk-produkmu dapat sampai ke tangan mereka dengan tepat sasaran. Berikutnya, agar konsumen yang hendak kamu tuju itu tahu keberadaan produkmu dan produk apa saja yang kamu hasilkan serta mengenai informasi lain termasuk harga adalah dengan melakukan promosi dengan berbagai strategi.

Legalitas Itu Penting!

Kamu tentu saja tidak mau dong, usahamu stuck disitu-situ aja? Kamu tentunya ingin meningkatkan level pendapatanmu dari waktu ke waktu? Nah, untuk membantumu mencapai visi tersebut, kamu harus mulai melek terhadap legalitas nih. Seringkali para pengusaha pemula acuh terhadap legalitas, padahal dengan adanya legalitas dasar seperti Nomor Izin Berusaha (NIB), usaha kita bisa mendapatkan akses yang lebih luas melalui program-program pemberdayaan pemerintah. Akses kepada pengadaan negara, fasilitasi ekspor-impor, hingga bantuan modal dapat kamu raih lebih mudah apabila usahamu sudah memiliki legalitas, utamanya legalitas mendasar seperti NPWP dan NIB. 

Lebih Mudah dengan Paket Usaha

Nah gimana nih Macroscopers, masih pusing memikirkan setelah ini akan mencari vendor yang seperti apa, belajar satu per satu soal bahan pakaian dan sablon, mempelajari dari nol cara-cara mempromosikan produkmu, serta mengurus legalitas usaha? Tidak perlu bingung-bingung, tim kami selalu sedia mendampingi kamu. Kami juga telah menyiapkan berbagai paket usaha yang cocok untuk kamu yang masih pemula agar lebih #BeraniUsaha. Paket usaha ini sangat komplit lho. Kamu sudah mendapatkan harga spesial untuk produksi produkmu, produksi barang pelengkap (hang tag, sticker, dll), hingga pengurusan legalitas bisa kamu dapatkan di paket usaha ini!

Cukup dengan 45k aja, kamu sudah bisa memulai bisnismu sendiri loh! Modal yang minim kan? Minim banget, namun mendapatkan fasilitas yang luar biasa! Kini saat yang tepat untuk hilangkan ragumu, mulai #BeraniUsaha sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart
Search
×