loader image

Jas Almamater Jadi Ajang Pamer?

“Almet kuning nih bos, senggol dong!”

Sudah menjadi agenda wajib bagi mahasiswa baru (Maba), berfoto dengan jas almamater di depan bangunan atau spot tertentu yang menjadi ikon kampus masing-masing. Setelahnya diunggah ke media sosial biasanya dengan narasi-narasi motivasi. Tetapi, benarkah berfoto dengan menggunakan jas almamater ini menjadi ajang pamer dari kalangan mahasiswa? Setiap mahasiswa tentunya telah melalui serangkaian proses panjang yang memusingkan sekaligus melelahkan agar dapat masuk ke kampus impian masing-masing dan foto yang mereka unggah menjadi sarana mengekspresikan kebahagiaan dan rasa syukur karena telah meraih yang dicita-citakan! Jadi, bukan mau sombong ya bestie.

Nah, sekarang menjadi pertanyaan, sebetulnya apa sih fungsi utama dari jas almamater? Yuk, scroll ke bawah untuk cari tahu!

Dibuat dari Bahan Beragam

Teman-teman mahasiswa, jas almamater yang kita dapatkan dapat berbeda bahannya dari jas almamater milik teman kita yang berasal dari kampus atau instansi berbeda. Perbedaan penggunaan bahan ini juga berpengaruh terhadap harga dan kualitas jas tersebut ketika dikenakan. Berikut adalah 3 contoh jenis kain yang paling banyak digunakan di antara sekian banyak pilihan kain yang dapat digunakan untuk membuat jas almamater:

  1. American Drill

Kain ini memiliki nama yang unik ya seperti judul film hollywood atau jangan-jangan memang diimpor langsung dari Amerika? Karakter kain ini sendiri cukup kaku karena dibentuk dari campuran antara katun dan polyester. Namun sekalipun terasa kaku jenis kain ini tetap memberikan kenyamanan untuk dikenakan dan memberi kesan wibawa ketika dikenakan. Selain itu, serat-serat kainnya pas dan tidak terlalu lebar sehingga tidak mudah robek. Kedua keunggulan inilah yang mendukung jas almamater tetap awet. Terdapat juga turunan dari kain drill amerika ini yang sering disebut dengan jenis kain Unione dan Kato. 

  1. Japan Drill

Jenis kain yang satu ini tidak jauh berbeda dari nomor 1 di atas karena berasal dari campuran bahan yang sama yaitu katun dan polyester. Namun komposisi bahan katunnya lebih banyak dibandingkan polyster. Oleh karena itu tentunya jenis kain ini menawarkan kelebihan yang lebih banyak dalam hal kenyamanan saat dikenakan karena karakteristik yang lembut serta menyerap keringat dengan baik. Umumnya, kain Japan Drill lebih sering dikenal dengan nama kain Nagata yang menjadi primadona banyak orang! 

  1. Twist Drill

Beberapa karakteristik yang dimiliki oleh jenis kain ini antara lain dari segi ketebalan memang lebih tebal dari jenis kain lain seperti pada kedua nomor di atas. Jika dibayangkan memang terkesan tidak nyaman namun saat dicoba untuk dikenakan akan terasa bahwa sebetulnya kain ini cukup ringan. Berkebalikan dengan kain Japan Drill, komposisi polyester di dalamnya lebih banyak ketimbang katun sehingga menciptakan efek tahan air.

Petunjuk Identitas dari Pemakai

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan kata “almamater” sebagai perguruan tinggi maupun akademi tempat para mahasiswa menempuh pendidikan. Dari pengertian tersebut dapat kita ketahui bahwa jas almamater merupakan ciri penanda berupa pakaian yang menunjukkan mahasiswa yang memiliki dan memakainya sebagai bagian dari perguruan tinggi atau akademi tempatnya belajar. Tentunya sebagai suatu tanda pengenal, jas almamater ini dibuat dengan warna yang berbeda agar dapat dibedakan dengan jas dari universitas lain serta memiliki logo universitas tersebut di bagian depan. Jadi ketika kamu berpapasan dengan seseorang di jalan yang sedang mengenakan jas almamater kamu dapat mengetahui dari warna maupun logo yang tersemat dalam jas yang dia kenakan bahwa di adalah seorang mahasiswa dari suatu kampus tertentu.

Tetapi, kalau jas almamater sudah melekat di tubuh, seorang mahasiswa tidak dapat sembarangan dalam melakukan sesuatu karena nama baik universitasnya sedang dia bawa melalui jas yang dikenakan itu. Oleh karena itu, penggunaan jas almamater lebih sering tampak acara-acara formal baik di dalam maupun di luar kampus.

Pesan Jas Anti Ribet, Bisa Ngukur di Rumah!

Penggunaan jas sebagai penunjuk identitas sebetulnya tidak hanya bagi kalangan mahasiswa saja yaitu dengan jas almamater. Jas juga dapat digunakan sebagai tanda pengenal bagi siswa atau siswa suatu sekolah, organisasi seperti OSIS, dan sebagainya. Nah, bagi kamu yang sedang membutuhkan jas almamater untuk organisasimu, komunitasmu, atau sekolahmu, bisa banget nih buatnya di Leapitup. 

Pesan custom Jas Almamater di Leapitup mudah banget loh. Kamu mau minta ngukur di rumah? Kami datangi langsung loh! Kamu tak perlu lagi khawatir jasmu terlalu besar atau terlalu kecil, all fit in to your body! Mulai dari 129k aja, kamu bisa dapatkan pelayanan bintang lima serasa dilayani tailor-tailor kelas kakap loh! Buruan custom jas almamater-mu di Leapitup ya! 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart
Search
×